Fitur Analisis Konten dalam Social Media

Fitur Analisis Konten dalam Social Media




Dalam ilmu komunikasi sederhana, selalu ada sumber yang membuat dan mengantarkan pesan kepada penerima pesan. Jika memungkinkan, sang penerima pesan akan memberikan respon terhadap pesan yang diterima. Proses tersebut banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari kita ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Proses ini juga sangat penting dalam bidang pemasaran produk atau layanan, terutama ketika pemasar mendapatkan respon dari target pasarnya.

Seiring berjalannya waktu dengan semakin beragamnya target dan segmentasi pasar, para pemasar juga harus menyesuaikan media penyampaian pesan. Dan ketika perkembangan teknologi sudah semakin pesat, maka variasi media pemasaran juga sudah semakin beragam jenisnya, terutama berkembangnya tren penggunaan media pemasaran via online. Dan yang menjadi tren dalam pemasaran via online saat ini adalah social media.

Seperti yang kita tahu, jika kita memasang iklan di media massa, kita tidak akan mendapatkan angka pasti dari siapa saja atau berapa jumlah orang yang melihat iklan kita. Berbeda dengan ketika kita menggunakan social media, kita dapat secara langsung mengetahui jumlah audiens kita, termasuk mengetahui seperti apa respon mereka.

Bicara tentang social media tentunya tidak terlepas dari kegiatan memposting konten, mendapat reach, mendapat engagement.

Berbeda dengan facebook, setiap akun twitter yang telah terverifikasi oleh twitter dapat mengakses twitter analytics di www.analytics.twitter.com

Jika kita menggunakan facebook, maka kita sudah harus memiliki fanpage sebelumnya. Jika belum, kita dapat mengetahui tips cara membuat fanpage di sini.


Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook

Selanjutnya, inilah ukuran keberhasilan dari social media marketing yang harus kita ketahui.

Fitur Analisis Konten dalam Social Media

Engagement

Feedback dari audiens terhadap konten.

Reach

Jangkauan posting, dihitung dari jumlah akun yang melihat konten.

Antara facebook dan twitter, keduanya memiliki perbedaan istilah atau fitur meskipun fungsinya sama.

Facebook

Like: Jumlah fans yang menyukai konten kita
Comment: Jumlah fans yang berkomentar dalam konten kita
Share: Jumlah fans yang membagikan konten kita pada timeline pribadi
Photo Click: Jumlah fans yang melakukan klik pada foto (jika kita menyertakan gambar)
Video Click: Jumlah fans yang menonton video yang kita unggah sebagai konten.
Link Click: Jumlah fans yang melakukan klik pada tautan (jika kita menyertakan tautan)

Twitter

Like: Jumlah follower yang menyukai konten kita
Replies: Jumlah follower yang berkomentar dalam konten kita
Retweet: Jumlah follower yang membagikan konten kita pada timeline pribadi
Media Click: Jumlah klik pada foto ataupun video yang kita posting
URL Click: Jumlah klik pada tautan (jika kita menyertakan tautan)
Profile Click: Jumlah klik pada profile kita
Hashtag Click: jumlah klik pada hashtag